Senin, 25 November 2013

Bahaya Konsumsi Ikan Mengandung Merkuri Pada Ibu Hamil

Kehamilan menjadi hal yang membahagiakan, sekaligus membuat para calon ibu makin selektif memilih makanan. Kabarnya, ibu hamil tidak boleh banyak makan ikan, khawatir mengandung merkuri yang dapat merusak otak janin. Benarkah hal ini?

Roger W. Harms , MD , seorang spesialis kehamilan di Mayo Clinic mengatakan bahwa seafood adalah sumber protein, besi dan seng, semuanya adalah nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, asam lemak omega-3 sangat bagus untuk perkembangan otak bayi Anda. Namun beberapa ikan laut berukuran besar mengandung merkuri tinggi yang justru berbahaya.

Ikan yang mengandung merkuri bisa membahayakan janin. Merkuri yang masuk dalam darah ibu dan janin dapat merusak perkembangan otak janin dan sistem saraf. Karena itu, tidak mengherankan jika banyak ibu hamil takut mengonsumsi ikan dan seafood. Sebenarnya tidak masalah mengonsumsi ikan selama masa kehamilan, namun Anda harus memperhatikan hal-hal ini, dilansir oleh mayoclinic.com.
  • Hindari makan ikan berukuran besar dan predator seperti ikan hiu, ikan tongkol, king mackerel dan ikan yang ditangkap di perairan yang masuk kategori tercemar merkuri.
  • Jangan mengonsumsi ikan mentah atau kerang mentah selama masa kehamilan. Termasuk panganan seperti sushi, sashimi, ikan asap, dendeng dan produk ikan yang tidak dimasak dengan tingkat kematangan penuh.
  • Akan lebih baik jika Anda memasak sendiri ikan dan seafood. Daging ikan harus benar-benar matang berwarna putih, termasuk udang yang dagingnya harus berwarna putih susu dan tidak lagi tampak transparan.
  • Akan lebih baik jika Anda tahu di mana ikan itu ditangkap, karena ada beberapa ikan kecil yang aman namun mengandung merkuri karena daerah perairan yang tercemar.
  • Beberapa ikan yang bisa jadi pilihan lain adalah ikan-ikan air tawar seperti lele, gurami dan sebagainya.

Mengonsumsi ikan selama masa kehamilan boleh, asalkan Anda pilih dengan bijak dan tidak mengandung merkuri dengan jumlah yang tinggi. Semoga kehamilan Anda menyenangkan hingga masa kelahiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar