Kamis, 05 Desember 2013

Histori Batik Pekalongan

Grosir Batik Pekalongan Murah tak terdaftar dengan cara resmi kapan mulai di kenal di Pekalongan, tetapi menurut perkiraan batik telah ada di Pekalongan seputar th. 1800. Juga menurut info yang terdaftar di Disperindag, pola batik itu ada yang di buat 1802, seperti pola pohon kecil berbentuk bahan baju.

Tetapi perubahan yang penting diprediksikan berlangsung sesudah perang besar pada th. 1825-1830 di kerajaan Mataram yang kerap dimaksud dengan perang Diponegoro atau perang Jawa. Dengan terjadinya peperangan ini menekan keluarga kraton dan beberapa pengikutnya banyak yang meninggalkan daerah kerajaan. Mereka lalu menyebar ke arah Timur dan Barat. Lalu di daerah – daerah baru itu beberapa keluarga dan pengikutnya meningkatkan batik.


Grosir Batik Pekalongan jadi benar-benar khas lantaran bertopang seutuhnya pada beberapa ratus entrepreneur kecil, bukan hanya pada segelintir entrepreneur bermodal besar. Dari berpuluh th. lampau sampai saat ini, beberapa besar sistem produksi batik Pekalongan ditangani di rumah-rumah. Mengakibatkan, batik Pekalongan menyatu erat dengan kehidupan orang-orang Pekalongan yang saat ini terdiri dari dua lokasi administratif, yaitu Kotamadya Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan. untuk kabupaten pekalongan ada batik pekajangan dengan lambang koperasi batiknya

Gunakan surut perubahan batik di pekalongan, menunjukkan Pekalongan layak jadi ikon untuk perubahan batik di Nusantara. Ikon untuk karya seni yang tidak sempat menyerah dengan perubahan zaman dan senantiasa dinamis. Saat ini batik telah jadi denyut nadi kehidupan keseharian warga Pekalongan dan adalah satu diantara product unggulan.

Jangan lupa kunjungi http://bajubatik.biz/

1 komentar:

  1. Awesome Fashion blog, Get more details About the
    Delhi Fashion Blogger click on link,
    http://www.angelmstyle.com/category/fashion/

    BalasHapus